Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Lebih Muliakan Influencer Dibanding Sultan Kutai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 18 Agustus 2024, 10:50 WIB
Jokowi Lebih Muliakan Influencer Dibanding Sultan Kutai
Pasangan selebritis terlihat hadiri upacara di IKN adalah Thoriq Halilintar dan Aaliyah Massaid/Instagram Aaliyah
rmol news logo Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mengundang Sultan Kutai dalam upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dikritik pengamat politik Adi Prayitno.
HUT 79 RI

Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) itu, keputusan ini menunjukkan kecenderungan pemerintah untuk lebih memprioritaskan kehadiran influencer daripada tokoh adat yang memiliki peran penting dalam sejarah dan budaya bangsa.

"Kan memang, sejak awal lebih memuliakan influencer yang fungsinya tak jelas untuk bangsa dan negara," kata Adi kepada RMOL, Minggu (18/8).

Dia menambahkan, seharusnya acara kenegaraan yang dilaksanakan di IKN melibatkan dan memuliakan tokoh adat serta tokoh lokal, sebagai bentuk penghormatan terhadap mereka yang memiliki akar kuat di wilayah tersebut.

Adi juga menyoroti harapan masyarakat, yang menurutnya membayangkan bahwa upacara di IKN akan dihadiri oleh jutaan warga sekitar, termasuk tokoh-tokoh adat yang dihormati. Namun, kenyataannya justru berbanding terbalik dengan harapan tersebut.

"Pikiran kita, upacara di IKN akan dihadiri jutaan warga sekitar dan memuliakan tokoh adat serta tokoh lokal dengan cara mengundangnya. Nyatanya?" ujar Analis Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Diketahui, para menteri/kepala lembaga hingga relawan dan influencer hadir dalam upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan ke-79 RI di IKN, Sabtu (17/8).

Salah satu pasangan selebritis terlihat hadiri upacara di IKN adalah Thoriq Halilintar dan Aaliyah Massaid.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA