Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menelisik Pakaian Adat Betawi Jokowi di Sidang Tahunan MPR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 16 Agustus 2024, 09:41 WIB
Menelisik Pakaian Adat Betawi Jokowi di Sidang Tahunan MPR
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR 2024 di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8)/RMOL
rmol news logo Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Sidang Tahunan MPR 2024 dengan mengenakan pakaian adat Betawi, pada Jumat pagi (16/8). 

Pantauan RMOL di lokasi, Jokowi tampak mengenakan baju adat Betawi berwarna hitam dibalut kain di bagian perut hingga ke paha khas Jakarta. Kepala Negara hadir didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo. 

Kehadiran Jokowi pun disambut Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti yang menunggu di lobi gedung Kura-Kura Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Presiden Jokowi kerap menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia dalam acara kenegaraan, sebagai simbol keragaman budaya Tanah Air.

Dipilihnya pakaian adat Betawi oleh Jokowi apakah menandakan perpisahan dengan Jakarta atau sebaliknya justru menunjukan simbol kebesaran kota Jakarta.

Pasalnya, banyak pihak yang menyebut meskipun ibukota pindah ke IKN secara de jure, namun Jakarta tetap tak tergantikan secara de facto sebagai kota bersejarah di NKRI.

Jokowi sendiri selama dua tahun memegang tampuk kepemimpinan Jakarta sebagai gubernur. Artinya pakaian ini terkesan penuh kenangan bagi Jokowi.

Sidang yang berlangsung di Gedung MPR/DPR ini dihadiri oleh jajaran petinggi negara, anggota parlemen, serta tamu undangan lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA