Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Munas Golkar Diprediksi Bakal Ubah AD/ART, Jalan Jokowi jadi Ketua Umum?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 14 Agustus 2024, 10:37 WIB
Munas Golkar Diprediksi Bakal Ubah AD/ART, Jalan Jokowi jadi Ketua Umum?
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golongan Karya (Golkar) yang direncanakan berlangsung 20 Agustus, diprediksi agenda yang dimasukkan turut mengubah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai. 

Direktur Eksekutif Citra Institute, Yusak Farchan memprediksi, agenda mengubah AD/ART Golkar dimaksudkan untuk mengakomodir Presiden Joko Widodo. 

Pasalnya, Jokowi bakal pensiun dari jabatan Presiden ketujuh RI pada Oktober 2024 mendatang, dan dia tak lagi memiliki kendaraan politik mengingat telah mengkhianati PDI Perjuangan.

"Pasca lengser, Jokowi dalam keadaan bahaya jika tidak punya kendali partai. Jokowi sendiri masih berpeluang menjadi Ketua Umum Golkar dengan cara merevisi AD/ART di Munas nanti," ujar Yusak kepada RMOL, Rabu (14/8). 

Meskipun berpeluang menjadi Ketua Umum Golkar lewat pengubahan AD/ART, terdapat skenario lain untuk memuluskan kepentingan bapak dari Wakil Presiden terpilih 2024 Gibran Rakabuming Raka tersebut. 

"Bisa jadi faksi Jokowi yang berpotensi menjadi Ketua Umum Golkar. Bisa saja Bahlil, bisa Gibran, bisa Jokowi sendiri. Semua skema ada plus minusnya," tuturnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA