Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cari Tahu Sejarah PKB, PBNU Panggil Gus Choi Siang Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 07 Agustus 2024, 10:57 WIB
Cari Tahu Sejarah PKB, PBNU Panggil Gus Choi Siang Ini
Effendy Choirie alias Gus Choi/Net
rmol news logo Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengundang mantan anggota DPR dari Fraksi PKB Effendy Choirie alias Gus Choi untuk menjelaskan detail sejarah Muhaimin Iskandar atau Cak Imin hingga akhirnya menjadi ketua umum PKB.

Gus Choi diharapkan datang ke Ruang Rapat Lantai 5 Gedung PBNU pada Rabu (7/8) pukul 12.30 WIB. Undangan kepada Gus Choi ditandatangani Wakil Ketua Umum PBNU Amin Said Husni dan Wasekjen Faisal Saimima.

Gus Choi dinilai mengetahui secara rinci dinamika yang terjadi saat Cak Imin bisa menguasai PKB mengalahkan kubu Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Sejauh ini sudah ada dua tokoh yang diundang PBNU untuk mengurai konflik PBNU dan PKB yakni mantan Sekjen PKB, Muhammad Lukman Edy serta Sekjen PKB Hasanuddin Wahid. Namun Hasanuddin Wahid tak datang dalam pemanggilan tersebut.

Diketahui Gus Choi sempat menjabat sebagai Ketua Panitia Pelaksana Muktamar Luar Biasa (MLB) PKB kubu Gus Dur pada 2008 lalu. Kala itu, PKB mengalami konflik internal antara kubu Gus Dur dan kubu Cak Imin.

Dua kubu yang berseteru kala itu sama-sama menggelar Muktamar Luar Biasa PKB untuk mendapatkan keabsahan.

DPP PKB pimpinan Gus Dur lebih dulu menggelar Muktamar Luar Biasa di Ponpes Al-Asshriyyah, Parung, Bogor pada 30 April-1 Mei 2008. Sementara tanggal 2-4 Mei 2008, DPP PKB pimpinan Cak Imin gantian menggelar Muktamar Luar Biasa di Hotel Mercure Ancol, Jakarta.

Gus Choi kemudian dicopot dari keanggotaannya sebagai anggota DPR dari Fraksi PKB di medio tahun 2013 lalu. Usai dipecat PKB, Gus Choi lantas bergabung ke Nasdem.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA