Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan China, Investor Terbesar RI Berasal dari Negara Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 29 Juli 2024, 17:26 WIB
Bukan China, Investor Terbesar RI Berasal dari Negara Ini
Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia/Net
rmol news logo Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat lima negara dengan realisasi investasi paling besar di Indonesia pada kuartal II 2024.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mencatat lima negara itu terdiri dari Singapura dengan nilai investasi 4,6 miliar Dolar AS, China 2 miliar Dolar AS, Hongkong 1,9 miliar Dolar AS.

Selain itu, posisi keempat ditempati Korea Selatan dengan nilai investasi 1,3 miliar Dolar AS, dan Amerika Serikat (AS) dengan investasi sebesar 0,9 miliar Dolar AS.

"Dalam lima besar ini, Korea Selatan berhasil menggeser Jepang. Ini menunjukkan dinamika yang sangat signifikan," ujar Bahlil dalam konferensi pers mengenai realisasi investasi kuartal II-2024 pada Senin (29/7).

Secara keseluruhan Bahlil mengungkapkan realisasi investasi Indonesia sebesar Rp428,4 triliun pada kuartal II 2024. Angka tersebut meningkat 22,5 persen secara tahunan.

Adapun realisasi investasi itu terdiri dari penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp217,3 triliun, dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp211,1 triliun.

PMA, kata Bahlil, masih menjadi penyumbang terbesar realisasi investasi pada periode April-Juni tahun ini, dengan kontribusi sebesar 50,7 persen.

"Di balik ketidakpastian ekonomi global itu kita tetap bersyukur bahwa, publik ekonomi global masih mempercayai kita sebagai salah satu negara tujuan investasi, karena kalau kita lihat FDI kita disini 50,7 persen, tumbuh 16,6 persen," demikian Bahlil.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA