Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ubeidillah Badrun:

Jokowi Tidak Percaya Diri, Butuh Influencer Perbaiki Citra

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 28 Juli 2024, 20:59 WIB
Jokowi Tidak Percaya Diri, Butuh Influencer Perbaiki Citra
Presiden Jokowi foto bersama influencer dan pegiat seni saat akan mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Foto: Biro Pers Istana Kepresidenan)
rmol news logo Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai tidak percaya diri dengan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Itulah sebab Jokowi memboyong influencer di sela rencana berkantor tiga hari di IKN.

"Jokowi tidak percaya diri sehingga membutuhkan bantuan influencer untuk menjadi corong citra Jokowi," kata Sosiolog Universitas Negeri Jakarta, Ubeidilah Badrun kepada RMOL, Minggu (28/7).

Ubedilah berpendapat influencer dimanfaatkan Jokowi untuk menutupi persepsi negatif tentang IKN.

"Kepentinganya para influencer menjadi panggung depan Jokowi di mata publik untuk menutupi informasi negatif tentang kegagalan target Jokowi membangun IKN," katanya.

Selain itu, langkah Jokowi dinilai dramaturgi yang sebetulnya citra Jokowi selama ini dibentuk oleh para influencer yang mendengungkan persepsi positif di tengah masyarakat.

"Menunjukan bahwa citra Jokowi sesungguhnya dibentuk melalui algoritma digital dan Jokowi meyakini itu. Oleh karena itu ia dengan sengaja membawa influencer untuk mendominasi algoritma media sosial," tutupnya.

Diketahui, Presiden Jokowi bakal berkantor di IKN selama tiga hari mulai Senin besok.

Bertandang ke IKN, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana mengajak para pegiat seni hingga influencer. Di antaranya Nagita Slavina, Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Irwansyah dan Zaskia Sungkar, Ferry Maryadi, Omesh serta Gading Marten.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 11.45 WIB.

Setiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Jokowi dan Iriana menuju Jalan Bebas Hambatan Akses IKN Seksi 3A-5A, Kota Balikpapan, dengan menggunakan mobil. Di sana, Presiden akan meninjau progres pembangunan jalan tol IKN.rmol news logo article
EDITOR: ADE MULYANA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA