Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Didapuk jadi Wamen Pertanian, Mas Dar Langsung Gaspol Kejar Target Swasembada Pangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 28 Juli 2024, 07:07 WIB
Didapuk jadi Wamen Pertanian, Mas Dar Langsung Gaspol Kejar Target Swasembada Pangan
Wamentan Sudaryono menghadiri kegiatan Perbenihan Tanaman Pangan di Kabupaten Bandung/Istimewa
rmol news logo Tak lama usai dilantik sebagai Wakil Menteri Pertanian, Sudaryono, langsung menghadiri kegiatan Perbenihan Tanaman Pangan di Kabupaten Bandung, Sabtu (27/7). Mas Dar, sapaan akrabnya, melihat langsung hasil panen berbagai varietas di wilayah tersebut.

Sudaryono pun berbincang dengan masyarakat yang menampilkan beragam produk pertanian di area pameran. Dia mengaku banyak berdiskusi dengan ayahnya soal problematika yang dihadapi para petani.

"Menurut saya pernah (merasakan hidup sebagai petani) dan tahu itu penting. Saya merasa itu blessing, ya saya lahir dari keluarga seperti itu (petani). Oh, sering (berdiskusi), aku diteleponin terus. Ini kebetulan lagi di rumah. Jadi ya biasa dicurhati macam-macam ya," kata Mas Dar, dalam keterangannya yang diterima RMOLJabar, Sabtu (27/7).

Menurutnya, memberikan edukasi pada petani tidak bisa hanya pemberian materi semata, khususnya dalam penerapan inovasi teknologi dalam sistem pertanian.

"Kita ngerti susahnya, kita ngerti, paham bahwa pupuk itu harus ada, bibitnya harus benar, cara ngolahnya harus benar. Enggak bisa kita main suruh, main perintah. Belum tentu jalan," paparnya.

Sudaryono pun berkomitmen untuk membuat para petani punya masa depan. Beragam program dilakukan mulai dari penerapan inovasi pertanian hingga mengejar target Swasembada pangan dalam dua tahun sesuai dengan target dari Presiden terpilih Prabowo Subianto. 

"Swasembada 1 tahun, 2 tahun maksimal. Kita mau swasembada pangan. Kita sih yang jelas, yang lalu sudah ada yang menangani (kasus korupsi,red). Kita tidak mau larut dalam kesedihan. Ada banyak jutaan orang bergantung sama keputusan kita. Jadi kita tidak mau larut sama yang kemarin sudah ditangani oleh pihak berwenang. Apapun kebutuhan pihak berwenang kita siap bantu dalam hal penuntasan kasus dan lain-lain," tuturnya.

Dirinya saat ini hanya memprioritaskan bagaimana petani di Indonesia bisa hidup sejahtera.

"Yang jelas yang sekarang ada tim Kementerian Pertanian ini. Saya khususnya karena jadi Wamen baru, kita semangatin, kita tatap ke depan karena ada jutaan orang yang mohon maaf, susah, senang, sejahtera, makan cukup, enggak makan cukup. Hidupnya, hidup matinya, tergantung oleh keputusan kita. Kita fokus pada petani, kita fokus pada swasembada, kita fokus pada visi, pada tujuan," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA