Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tinggalkan PDIP, Agustiar Sabran jadi Jagoan Gerindra di Pilkada Kalteng 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 28 Juli 2024, 02:27 WIB
Tinggalkan PDIP, Agustiar Sabran jadi Jagoan Gerindra di Pilkada Kalteng 2024
Anggota Komisi III DPR RI Agustiar Sabran/Istimewa
rmol news logo Tak lama usai PDIP memberikan persetujuan pengunduran dirinya, Anggota Komisi III DPR RI, Agustiar Sabran, mendapat dukungan Partai Gerindra untuk maju sebagai calon Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) 2024.

Wakil Ketua Umum, Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan, dukungan mutlak dari partai besutan Prabowo Subianto itu untuk Agustiar berasal dari mekanisme resmi Mahkamah Partai. Putusan ini membuat seluruh kader Gerindra harus berjuang untuk memenangkan Agustiar pada Pilkada Kalteng 2024.

"Pencalonan Agustiar keputusan yang final dan harus dipatuhi oleh seluruh kader. Seluruh kader Gerindra harus all out memenangkan Agustiar," ucap Habiburokhman dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (27/7).

Habiburokhman menambahkan, pencalonan Agustiar sekaligus menegaskan Ketua Dewan Adat Dayak Kalteng tersebut kini resmi menjadi anggota Partai Gerindra.

Untuk itu, kata dia, Partai Gerindra akan menindak tegas setiap anggota yang tidak patuh terhadap keputusan Mahkamah Partai dalam mengusung Agustiar sebagai calon Gubernur Kalteng.

Dirinya memastikan, Mahkamah Partai Gerindra akan memanggil pengurus yang menolak pencalonan Agustiar.

“Kami akan menindak tegas apabila ada oknum kader yang memboikot pencalonan Agustiar,” tegasnya.

Menurutnya, Agustiar merupakan tokoh yang sangat dikenal dan dihormati di Kalteng karena merupakan Ketua Dewan Adat Dayak Kalteng, yakni sebuah organisasi yang bertugas secara legislatif pada tingkat kabupaten, bidang pemberdayaan dan pengembangan hukum adat, adat istiadat, serta dan kebiasaan masyarakat adat di kabupaten.

Tak hanya di dunia politik dan budaya, nama Agustiar juga dikenal di dunia olahraga karena merupakan Ketua Harian Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) dan pemilik klub sepak bola Kalteng Putra. 

Sebelumnya Agustiar Sabran mengajukan surat pengunduran diri dari kader dan anggota Fraksi PDIP di DPR RI pada 27 Mei 2024. Pengunduran diri itu pun ditindaklanjuti oleh DPP PDIP dengan menerbitkan surat persetujuan dengan Nomor 2764/EX/DPP/VI/2024 tertanggal 7 Juni 2024. 

"Surat persetujuan pengunduran diri Agustiar Sabran dari PDIP itu sudah kami terima dari DPP. Jadi, Agustiar Sabran telah resmi keluar dari PDIP," ujar Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPD PDIP Kalteng, Emanuel Milo Wawo, Kamis (25/7). rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA