Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi IX DPR Siapkan Rencana Induk Kesehatan Hingga Daerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 23 Juli 2024, 18:39 WIB
Komisi IX DPR Siapkan Rencana Induk Kesehatan Hingga Daerah
Wakil Ketua Komisi IX DPR Melkiades Laka Lena/RMOL
rmol news logo Undang-undang kesehatan yang baru saja disahkan oleh DPR merupakan sebuah upaya untuk menggeser pemikiran masyarakat kepada penanganan yang preventif.

Wakil Ketua Komisi IX DPR Melkiades Laka Lena berpendapat bahwa seluruh masyarakat Indonesia harus mampu menjaga kesehatannya dengan adanya pelayanan rumah sakit yang optimal.

"Jadi kita ingin agar masyarakat Indonesia itu tetap sehat menjaga kesehatannya. Kondisi hari ini harus banyak diorientasikan untuk pelayanan di aspek spekulatif dan rehabilitatif,” kata Melkiades Laka Lena di acara diskusi Forum Legislasi, dengan tema ‘UU Kesehatan dalam Pelayanan Kesehatan di Daerah’, di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (23/7).

Legislator dari Fraksi Partai Golkar ini menambahkan pemerintah pusat dan daerah perlu berbagi tugas terkait peran soal pelayanan kesehatan. 

“Yang perlu didiferensiasi ini adalah menyiapkan rincian ataupun rencana induk bidang kesehatan yang hari-hari ini juga kami lagi minta. Saya sama perawat, kami dan teman-teman meminta agar itu segera bisa kita dapatkan sehingga bisa dibahas lebih lanjut dan memang sudah, kemarin sudah diberikan kepada kita secara umum,” jelasnya.

Dia mengatakan bahwa saat ini DPR menunggu pembahasan lanjutan mengenai kesehatan di Indonesia agar standardisasinya sama antara pusat dan daerah.

“Ini bermaksud agar seluruh daerah itu mendapatkan panduan bagaimana kurang lebih 5 tahun ke depan ini pembangunan kesehatan itu mau kita orientasikan menuju ke mana,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA