Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Simulasi Pilkada Surabaya 2024, ELektabilitas Eri-Bayu 64,7 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Kamis, 18 Juli 2024, 14:19 WIB
Simulasi Pilkada Surabaya 2024, ELektabilitas Eri-Bayu 64,7 Persen
Direktur ARCI, Baihaki Sirajt/RMOLJatim
rmol news logo Elektabilitas petahana Kota Surabaya, Eri Cahyadi, hingga kini masih memimpin. Hasil survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) terbaru, Eri masih teratas di semua simulasi.

ARCI memang merilis beberapa simulasi Cawali-Cawawali untuk Pilkada Surabaya 2024.

"Hasilnya, Eri Cahyadi menang dalam semua simulasi, mau duet dengan Armuji, dengan Bayu Airlangga, atau dengan Hendy Setiono," kata Direktur ARCI, Baihaki Sirajt, di Surabaya, dikutip dari Kantor Berita RMOLJatim, (18/7).

Dalam simulasi ARCI, ada duet Eri Cahyadi-Armuji melawan Kaesang Pangarep-Hendy Setiono. Pemilih Eri-Armuji mencapai 47,2 persen, sementara yang memilih Kaesang-Hendy 20,5 persen, sedang responden yang belum menjawab 32,3 persen.

Selanjutnya simulasi duet Eri Cahyadi-Armuji melawan Kaesang-Bayu Airlangga. Eri-Armuji di angka 45,7 persen, sementara Kaesang-Bayu di angka 27,8 persen. Yang belum menjawab 26,5 persen.

Ada juga Eri Cahyadi-Bayu Airlangga, kali ini mendapat 64,7 persen, melawan Armuji-Fuad Benardi di angka 21,8 persen. Sebanyak 13,5 persen responden belum menentukan.

Pada simulasi Eri Cahyadi-Armuji melawan Bayu Airlangga-Hendy Setiono, Eri-Armuji meraup 45,3 persen, sementara Bayu-Hendy 31,8 persen. Sedang 22,9 persen responden belum menentukan pilihan.

Simulasi Eri Cahyadi-Hendy Setiono memperoleh 43,4 ersen melawan Bayu Airlangga-Hadi Dediansyah (kader Gerindra) di angka 30,2 persen. Sebanyak 26,4 persen responden belum menentukan pilihan.

Untuk simulasi Eri Cahyadi-Armuji melawan Bayu Airlangga-Hadi Dediansyah. Eri-Armuji di angka 45,5 persen, sementara Bayu-Hadi 30,1 persen, dan 24,4 persen responden belum menentukan pilihan.

Terakhir ada simulasi Eri Cahyadi-Armuji melawan Bayu Airlangga-Hendro Gunawan. Eri-Armuji perkasa di angka 45,4 persensementara Bayu-Hendro di angka 27,8 persen. Sebanyak 26,8 persen responden belum menentukan pilihan.

"Dari semua simulasi itu, duet paling berpotensi menang adalah Eri-Bayu. Artinya Eri bergabung di KIM melawan koalisi PDIP yang dimotori Armuji. Tetapi jika Eri bersama Armuji, angkanya masih belum bisa dikejar pasangan lain," jelas Baihaki.

"Meski begitu, elektabilitas Eri-Armuji ketika berpasangan juga belum aman, karena belum mencapai 50 persen," tandasnya.

Survei ARCI dilakukan pada 1-12 Juli 2024 dengan metode stratified multistage random sampling. Survei ini dilakukan di 31 kecamatan di seluruh Kota Surabaya. Total ada 1.000 responden, dengan tingkat margin of error di angka 3,5 persen dan tingkat kepercayaan di angka 95%.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA