Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sidak di Jambi, Zulhas: Harga Bapok Cenderung di Bawah Harga Acuan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 13 Juli 2024, 18:43 WIB
Sidak di Jambi, Zulhas: Harga Bapok Cenderung di Bawah Harga Acuan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan pengecekan harga bahan pokok di Pasar Rakyat Talang Banjar, Kota Jambi, Sabtu (13/7)/Ist
rmol news logo Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memastikan harga bahan pokok di Jambi, khususnya di Pasar Rakyat Talang Banjar cenderung di bawah harga eceran tertinggi (HET).

Hal itu diungkapkan politisi yang karib disapa Zulhas itu, usai melakukan pengecekan harga bahan pokok di Pasar Rakyat Talang Banjar, Kota Jambi, Sabtu (13/7).

"Kami di sini mengecek harga barang-barang, semuanya harga di bawah harga acuan. Di sini mungkin deflasi bukan inflasi, karena harganya murah," kata Zulhas.

Zulhas yang juga Ketua Umum PAN ini mencontohkan untuk harga cabe merah di pasar tersebut yakni sekitar Rp28 ribu dan Rp35 ribu. Padahal harga HET untuk cabe yakni Rp42 ribu.

"Bawang putih Rp35 ribu, bawang merah Rp26 ribu, standarnya itu bawang itu Rp42 ribu. Ayam tadi Rp30-33 ribu harga ecerannya minimal Rp37 ribu. Jadi di Jambi ini di bawah harga acuan," tuturnya.

Meskipun begitu, dia menjelaskan pemerintah bakal terus menjaga stabilitas harga agar para petani atau pembeli tidak mengalami kerugian.

"Karena pemerintah itu tugasnya mengatur (menjaga stabilitas harga) agar petani tidak rugi sehingga tutup usahanya tapi juga pembeli tidak terlalu mahal," pungkasnya.

Pengecekan harga bapok di Pasar Rakyat Talang Banjar merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Zulhas di Jambi.

Di hari yang sama, Zulhas turut melakukan pelepasan ekspor produk pinang dari Jambi ke Arab Saudi dan Bangladesh.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA