Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zulhas: Papua dan Kalimantan Masa Depan Pertanian, Jawa Pusat Perdagangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 06 Juli 2024, 16:51 WIB
Zulhas: Papua dan Kalimantan Masa Depan Pertanian, Jawa Pusat Perdagangan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah) di acara Pelepasan Ekspor ke Spanyol Produk Home Decoration Berbahan Serat Alami (Natural Fiber) CV Palem Craft Jogja di Yogyakarta, Sabtu (6/7)/Ist
rmol news logo Papua dan Kalimantan bakal menjadi masa depan pertanian Indonesia. Sementara Pulau Jawa bakal menjadi pusat perdagangan.

Begitu dikatakan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di acara Pelepasan Ekspor ke Spanyol Produk Home Decoration Berbahan Serat Alami (Natural Fiber) CV Palem Craft Jogja di Yogyakarta, Sabtu (6/7).

"Kita berharap masa depan kita itu di Kalimantan dan Papua untuk pertanian sosial dan pangan. Jawa ini mau diapain? Jawa ini pusat perdagangan dan industri," kata Zulhas.

Zulhas yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) mengatakan, UMKM bakal lebih digenjot sehingga bisa mewujudkan Pulau Jawa sebagai pusat perdagangan.

"Kalau mau bikin kita maju tidak ada pilihan, harus dari UMKM, harus memperluas ownership-nya, nggak bisa konglomerasi. Kalau konglomerasi dianya yang kaya yang lain miskin semua," tuturnya.

Oleh karena itu, dia mengatakan UMKM yang tadinya masih berskala kecil harus didorong menjadi lebih besar dan bisa merambah ke pasar global

"Memang ownership-nya luas dari kecil dulu, dari mikro, menengah mudah-mudahan berkembang jadi besar," katanya.

Dia mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan kerjasama lintas sektor dan instansi. Menurutnya, untuk mewujudkan hal tersebut tidak bisa dijalankan oleh satu pihak saja.

"Kata kuncinya kerjasama dukungan pemerintah nggak boleh hilang," demikian Zulhas.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA