Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peretasan Pusat Data Nasional Bukan Perkara Sepele

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Jumat, 05 Juli 2024, 07:18 WIB
Peretasan Pusat Data Nasional Bukan Perkara Sepele
Ketua DPW PKS Jabar, Haru Suandharu/RMOLJabar
rmol news logo Peretasan Pusat Data Nasional (PDN) merupakan pukulan telak serta harus jadi bahan evaluasi bagi pemerintah untuk segera meningkatkan perlindungan dan pengamanan data.

Sebab, data milik pribadi dan negara merupakan aset penting bagi sebuah bangsa.

Ketua DPW PKS Jabar, Haru Suandharu, mendorong pemerintah serius mengusut kasus itu, hingga tuntas dan mengungkap aktor peretasan. Jika hal itu dianggap persoalan sepele, akan berdampak buruk bagi kepercayaan publik terhadap pemerintah.

"Jangan sampai negara dikalahkan oknum. Jangan sampai masyarakat hilang kepercayaan kepada pemerintah, dan ujungnya bisa menjadi pembangkangan sipil. Ini lebih repot lagi," tutur Haru, seperti dikutip dari Kantor Berita RMOLJabar, Jumat (5/7).

Bakal calon gubernur Jabar itu juga mengingatkan pemerintah agar segera meningkatkan keamanan PDN. Sehingga kepastian keamanan data, baik pribadi maupun negara, bisa terjaga dengan baik dan tidak disalahgunakan oknum tertentu.

"Lakukan langkah-langkah pengamanan, libatkan pakar dan praktisi untuk membuat SOP pengamanan data pribadi masyarakat. Jangan sampai pemerintah kalah sama pihak swasta, harus serius menjaga kepercayaan publik," jelasnya.

"Kita bisa belajar dari industri perbankan yang sangat serius menyikapi masalah kepercayaan. Tanpa kepercayaan, nasabah sebuah bank bisa kabur, bahkan negara bisa bangkrut," tandas Haru.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA