Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mahfud MD Urai Lima Kunci Terwujudnya Indonesia Emas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 14 Juni 2024, 14:29 WIB
Mahfud MD Urai Lima Kunci Terwujudnya Indonesia Emas
Mahfud MD usai menjadi pembicara pada Sekolah Hukum PDIP/RMOL
rmol news logo Untuk mencapai Indonesia Emas 2045 mantan Menko Polhukam, Mahfud MD, mengurai lima kunci dasar yang dituangkan dari pikiran Bung Karno ke dalam alinea kedua UUD 1945.

Uraian itu disampaikan Mahfud MD saat menjadi pembicara utama pada Sekolah Hukum PDIP, di Jalan Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (14/6).

"Indonesia emas itu seperti apa? Yaitu Indonesia yang menurut alinea kedua Pembukaan UUD 1945, yang bunyinya, merdeka, bersatu, berdaulat adil makmur," katanya.

"Itu kuncinya," sambungnya.

Menurut dia, meski Indonesia telah merdeka 78 tahun, namun hukum yang ditegakkan belum mencapai apa yang dituangkan dalam alinea kedua UUD 1945.

"Kita sudah merdeka, kita sudah bersatu, kita sudah berdaulat, tapi adil dan makmur belum," katanya.

Indonesia belum berhasil mencapai adil dan makmur, karena banyak praktik penyimpangan yang dilakukan para penegak hukum di Indonesia, seperti yang terjadi saat ini.

Meski begitu dia optimistis Indonesia Emas 2045 terwujud. Asal dibarengi upaya menekan praktik kotor terhadap hukum dan demokrasi di Indonesia.

"Merdekanya harus beneran, bersatunya beneran, berdaulatnya beneran, adil makmurnya bisa dirasakan secara nyata, tidak dikotori langkah-langkah yang tidak benar," tutupnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA