Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Transformasi BUMN jadi Pilar Fundamental Ekonomi Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 13 Juni 2024, 17:50 WIB
Transformasi BUMN jadi Pilar Fundamental Ekonomi Nasional
Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Net
rmol news logo Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dinilai telah menjalankan peran vital menopang perekonomian nasional.

Ekonom senior Fauzi Ichsan melihat, peran investasi BUMN dan swasta cukup vital menopang pertumbuhan ekonomi di tengah keterbatasan moneter dan amunisi fiskal. Namun untuk mendongkrak ekonomi, dibutuhkan peningkatan produktivitas pada perusahaan berpelat merah ini.  

"Swasta maupun BUMN harus ditingkatkan bukan saja levelnya, namun juga produktivitas atau efektivitasnya dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi," kata Fauzi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/6).

Sebagai salah satu pilar utama, investasi BUMN wajib produktif dan efektif. Transformasi besar-besaran sebagaimana dilakukan Menteri BUMN, Erick Thohir pun dinilai cukup efektif, seperti masalah di BUMN Karya hingga asuransi.

"(BUMN) menyelesaikan masalah legacy dan struktural pelik seperti permasalahan Jiwasraya, Jasindo, Garuda, beberapa perusahaan karya, kereta cepat, dan lain sebagainya. Langkah-langkah yang terbukti berhasil membatasi beban APBN," jelas Fauzi.

Hal lain, Fauzi juga menyoroti transformasi BUMN dengan menutup perusahaan yang mengalami kegagalan sistemik akibat buruknya tata kelola perusahaan yang baik.

Melalui transformasi dan restrukturisasi ini, sektor BUMN dianggap kian membaik. Ini terbukti dengan peningkatan laba dan pembayaran pajak serta dividen ke kas negara.

"Selain itu, pertumbuhan sektor BUMN membantu menyerap tenaga kerja, yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA