Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gerindra Bakal Cengkeram Jabar Jika Ridwan Kamil Nyagub Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 12 Juni 2024, 15:00 WIB
Gerindra Bakal Cengkeram Jabar Jika Ridwan Kamil Nyagub Jakarta
Direktur Eksekutif Citra Institute Yusak Farchan/RMOL
rmol news logo Wilayah Jawa Barat (Jabar) potensi dikuasai oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), jika Partai Golongan Karya (Golkar) memutuskan Ridwan Kamil (RK) diusung untuk nyalon gubernur (nyagub) Jakarta.

Direktur Eksekutif Citra Institute Yusak Farchan menjelaskan, ketepatan Partai Golkar dalam menentukan wilayah pemilihan gubernur (pilgub) bagi RK, menentukan peluang memperluas basis massa untuk pemilu selanjutnya.

Menurutnya, peluang kemenangan RK lebih terbuka di Jawa Barat karena punya rekam jejak memenangkan Pemilihan Walikota Bandung dan Pilgub Jawa Barat sebelumnya.

"Tapi kalau RK tetap maju di Jakarta, Jabar berpotensi diambil Gerindra," tutur Yusak kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (12/6).

Sehingga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pamulang (FISIP UNPAK) itu memandang, peluang menang RK memberikan efek ekor jas bagi Partai Golkar.

"Karena Gerindra punya figur kompetitif seperti Dedi Mulyadi. Bagaimanapun Gerindra berkepentingan menjaga basis di Jabar," ujarnya.

Lebih dari itu, Yusak menilai RK tidak punya peluang yang sama besarnya seperti di Jawa Barat, apabila dipaksakan nyagub di Jakarta. Sehingga sebaiknya, hal itu menjadi pertimbangan untuk masa depan partai berlogo pohon beringin tersebut.

"Bukan berarti tidak ada peluang menang bagi RK jika di Jakarta, tetapi memang harus kerja keras lagi jika yang dihadapi Anies," demikian Yusak menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA