Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU Mulai Coklit Pemilih Pilkada Tanggal 24 Juni

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 08 Juni 2024, 23:34 WIB
KPU Mulai Coklit Pemilih Pilkada Tanggal 24 Juni
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Betty Epsilon Idroos/Ist
rmol news logo Pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024 akan mulai dikerjakan petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) di bulan ini.

Anggota KPU Betty Epsilon Idroos menerangkan, coklit dilakukan oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

"KPU sudah merencanakan bahwa coklit akan diselenggarakan insya Allah tanggal 24 Juni sampai dengan tanggal 24 Juli serentak se-Indonesia," ujar Betty kepada wartawan, dikutip Sabtu (8/6).

Dia memaparkan, mekanisme coklit oleh petugas tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan pada pemilihan umum (Pemilu) Serentak 2024 yang lalu.

"Yang mana petugas Pantarlih akan datang dari rumah ke rumah untuk melakukan pencocokan dan penelitian," urainya.

Ketua Divisi Data dan Informasi KPU itu memastikan, Pantarlih akan mencocokkan dan meneliti nama-nama warga yang masuk data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4), yang data itu merupakan sumber data untuk menyusun daftar pemilih tetap (DPT).

"Model A daftar pemilih yang sudah dipetakan oleh KPU Kabupaten/Kota kepada pemilih yang ada untuk kemudian dilakukan penelitian. Coklit dilakukan dalam waktu satu bulan, dari rumah ke rumah," ucapnya.

"Dan bersamaan dengan itu nanti KPU Kabupaten/Kota akan bertanggung jawab melakukan pemutakhiran data pemilih calon-calon lokasi khusus di seluruh Indonesia," pungkas Betty. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA