Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKB Masih Pertimbangkan Usung Anies di Pilkada Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 08 Juni 2024, 23:00 WIB
PKB Masih Pertimbangkan Usung Anies di Pilkada Jakarta
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid Kantor DPP PKB, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Sabtu (8/6)/RMOL
rmol news logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mempertimbangkan nama mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk diusung dalam Pilkada Jakarta 2024.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan jika partainya mengusung Anies Baswedan maka yang bersangkutan harus mengikuti Uji Kepatutan dan Kelayakan (UKK) di PKB.

“Sebentar lagi tunggu kan ada proses kan. Kita harus hormati semua proses, ada daftar, sudah daftar, untuk UKK, UKK nanti deklarasi. Karena kan Pilgub atau cakada kan pasangan, siapa pasangannya gitu,” kata Jazilul kepada wartawan di Kantor DPP PKB, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Sabtu (8/6).

“Pak Anies mau berpasangan dengan siapa? PKB juga punya stok,” tambahnya.
 
Kendati begitu, lanjut Jazilul, selain proses administratif, masih ada proses politik dalam menghadapi Pilkada Jakarta November mendatang.

Dia menyebut bahwa partainya membuka ruang untuk berkoalisi dengan partai lain.

“Nah itu kan prosesnya masih lumayan memerlukan waktu. Partai koalisi apa saja, pasangannya siapa tidak cukup hanya menyebut nama satu orang,” ujar Wakil Ketua MPR RI ini,

Saat disinggung mengenai kapan waktu pasti mengusung Anies Baswedan dan kader PKB, Jazilul pun masih belum bisa memastikan hal tersebut.

“Belum. Belum keputusan kok, baru wacana. Ya tentu kalau sudah duduk bareng di situ dibicarakan secara objektif secara kekeluargaan kalau sekarang kan masih gak bisa kita, menilai apakah serius atau enggak kan belum tahu,” jelasnya.

Termasuk jika ada parpol lain yang tertarik untuk mengusung Anies Baswedan apakah partainya bakal merapat untuk berkoalisi, Jazilul pun menyebut hal itu belum dapat dipastikan.

“Ketertarikan partai-partai kepada cakada itu pertama dari popularitas dan elektabilitas, dari siapapun, Pak Anies memiliki itu di DKI, maka partai yang lain untuk mencari tokoh lain yang punya popularitas itu juga tidak mudah,” tandas dia.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA