Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Keluarkan Rekomendasi Nama-nama Cakada, PDIP Optimis Menang di Banyak Daerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 06 Juni 2024, 20:35 WIB
Keluarkan Rekomendasi Nama-nama Cakada, PDIP Optimis Menang di Banyak Daerah
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto/RMOL
rmol news logo Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) optimis bakal menang di banyak daerah di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, setelah mengeluarkan rekomendasi nama-nama pasangan calon kepala daerah (cakada).

Hal itu ditegaskan secara langsung oleh Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat menjawab awak media di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024).

"Kami juga sudah keluarkan (rekomendasi) bahkan juga sudah dilakukan pelatihan-pelatihan. Jadi Pilkada terus caranya adalah daerah-daerah yang bisa maju sendiri kami prioritaskan," kata Hasto.

Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP juga, kata dia, sudah memberikan arahan mengenai prioritas Partai untuk menghadapi Pilkada.

Namun, Hasto tidak menutup kemungkinan akan berkoalisi dengan partai politik (parpol) lain, apabila di daerah tertentu tidak memiliki kecukupan kursi mengusung pasangan cakada sendiri.

"Kemudian dalam Rakernas sudah dibahas daerah-daerah yang di bawah 10 persen. Itu kalau ada kader yang maju kita dorong untuk kerja sama politik," katanya.

"Dan kemudian, antara 11 sampai 19 persen itu juga didorong untuk segera membangun kerja sama dan melihat bahwa PDIP ini memiliki militansi tinggi dan juga dipercaya rakyat menang pemilu 3 kali berturut-turut," sambungnya.

Maka dengan modal penambahan kursi yang ada di DPRD tingkat kabupaten/kota, Hasto memastikan itu akan menjadi dasar dalam membangun kerja sama. Selain itu, dia memastikan PDIP juga sudah mencermati setidaknya 5 daerah strategis di Pilkada Serentak 2024.

"Beberapa daerah-daerah strategis dicermati kami sudah menyelesaikan ada sekitar 5 provinsi untuk level gubernur. Tapi daerah-daerah yang lain terus tiap minggu kami godok," demikian Hasto menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA