Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo Disarankan Redesain Proyek IKN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 06 Juni 2024, 15:59 WIB
Prabowo Disarankan Redesain Proyek IKN
Presiden terpilih Prabowo Subianto saat meninjau proses pembangunan IKN beberapa waktu lalu/Istimewa
rmol news logo Proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, diyakini akan memberi beban berat kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Karena itulah Direktur Lembaga Riset Lanskap Politik Indonesia, Andi Yusran, menyarankan Prabowo melakukan redesain pembangunan IKN.

"IKN sejatinya tidak perlu dibangun dengan desain sebagaimana saat ini yang membutuhkan biaya sangat tinggi di balik kondisi ekonomi, ketimpangan sosial dan utang yang telah menggunung itu," kata Andi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (6/6).

Analis politik dari Universitas Nasional itu lantas mempertanyakan alasan pemerintah membangun IKN yang dipaksa menjadi kawasan industri dan investasi.

"Karena Prabowo memiliki agenda pembangunan strategis maka idealnya jika melakukan redesain dengan menjadikan IKN klaster ibu kota negara, dan bukannya kawasan investasi atau industri," tegasnya.

Di sisi lain, pengunduran diri Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe, menurut Andi Yusran, menunjukkan ada permasalahan serius di megaproyek tersebut.

"Kebijakan pemindahan ibu kota sangat dipaksakan dengan tanpa memperhitungkan banyak faktor, serta sangat minim melibatkan publik," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA