Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rakernas V PDIP Bahas Dinamika Politik hingga Isu Strategis Pemenangan Pilkada 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 22 Mei 2024, 16:06 WIB
Rakernas V PDIP Bahas Dinamika Politik hingga Isu Strategis Pemenangan Pilkada 2024
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (jaket merah)/RMOL
rmol news logo Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyampaikan sejumlah hal penting terkait rapat kerja nasional (Rakernas) V PDIP, dalam jumpa pers di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/4).

Mengusung tema besar “Satyameva Jayate: Kebenaran Pasti Menang" dan subtema "Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran," Rakernas V ini akan membahas berbagai persoalan, termasuk isu strategis pemenangan Pilkada 2024.

Hasto mengungkapkan, M. Prananda Prabowo selaku Ketua DPP PDIP yang juga Ketua Situation Room menggarisbawahi pentingnya tema sentral tersebut dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk isu kegelapan kekuasaan dan kematian demokrasi.

Rakernas akan diawali dengan prosesi menggelorakan semangat juang melalui "Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam," yang dimulai pada Jumat, 17 Mei 2024, dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.

Api perjuangan ini menempuh perjalanan melintasi 20 kabupaten/kota dengan jarak total 526 km, dan akan tiba di Jakarta pada Kamis, 22 Mei 2024.

Esok harinya, pada pukul 15.30 WIB, obor kebenaran akan dibawa ke tempat Rakernas di Beach International Stadium Ancol oleh para pelari maraton, termasuk Hasto Kristiyanto, serta anak-anak muda dari PDI Perjuangan.

“Secara teknis dan juga secara substansi dari seluruh materi-materi yang dibahas sudah diselesaikan oleh steering committee (SC),” kata Hasto.

Rakernas V ini akan diikuti oleh 4.858 peserta yang terdiri dari fungsionaris DPP Partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai, Anggota DPR RI, badan dan sayap partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPLN dari 16 negara, Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota, Kepala dan Wakil Kepala Daerah PDIP, serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent.

“Agenda utama di dalam pembukaan Rakernas itu adalah menerima obor api perjuangan nan tak kunjung padam. Kemudian pidato politik dari Ketua Umum PDI Perjuangan Prof. Dr. Megawati Soekarnoputri,” ujar politikus asal Yogyakarta itu.

Rakernas V juga menjadi momentum untuk mengevaluasi hasil Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2024, serta merumuskan sikap politik partai terkait konsolidasi menghadapi Pilkada serentak, dinamika politik nasional dan internasional, serta isu-isu pokok rakyat.

Selain itu, Rakernas akan membahas strategi pemenangan Pilkada serentak yang akan berlangsung pada November 2024.

Sebagai partai yang mengembangkan demokrasi yang berkarakter Indonesia, Rakernas V juga akan juga mendengarkan suara arus bawah yang disampaikan oleh DPC, DPD Partai. Termasuk bagaimana di dalam menyikapi pemerintahan yang akan datang.

“Tentunya harus dilakukan dengan mendengarkan seluruh elemen-elemen partai yang hadir di dalam rapat kerja nasional kelima tersebut,” kata Hasto.

Lebih jauh, Hasto menambahkan bahwa sebelum Rakernas V yakni pada Kamis besok (23/5), DPP PDIP juga akan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi seluruh anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai prakondisi pelaksanaan Rakernas V.

“Mengingat seluruh komponen dari legislatif partai saat ini juga harus berjuang bagaimana menjadikan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan di dalam menjawab berbagai persoalan pokok rakyat khususnya di bidang perekonomian,” demikian Hasto.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA