Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kejaksaan Dipercaya Publik Berkat Penanganan Kasus Besar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 15 Mei 2024, 19:43 WIB
Kejaksaan Dipercaya Publik Berkat Penanganan Kasus Besar
Kejaksaan Agung RI/Net
rmol news logo Kepercayaan publik terhadap kinerja Kejaksaan mengalami peningkatan sebagaimana hasil survei Polling Institute.

Pada survei September 2023, kepercayaan publik terhadap kinerja Kejaksaan hanya mencapai 57 persen. Namun di survei akhir April 2024, angkanya naik menjadi 75 persen.

Kenaikan kepercayaan publik ini terjadi karena banyak kasus besar yang kini ditangani Kejaksaan, salah satunya dugaan korupsi tata niaga timah yang kini masih berproses.

"Memang tren Kejaksaan ini naik cukup kencang dari bulan September (2023) seiring banyaknya penanganan kasus korupsi raksasa yang ditangani," kata Peneliti Utama Polling Institute, Kennedy Muslim saat memaparkan hasil survei Polling Institute secara daring, Rabu (15/5).

Hal senada disampaikan pakar hukum pidana Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Suparji Achmad. Menurutnya, performa Kejaksaan lebih menonjol dibanding lembaga penegak hukum lain.

"Saya kira tidak lepas dari penangan kasus-kasus besar, yang kemudian menarik pemberitaan masyarakat. Bisa dicek, bagaimana indeks pemberitaan di media antara Kejaksaan, Kepolisian, KPK. Pemberitaan yang positif ya," jelas Suparji.

Suparji bahkan menduga, tren Kejaksaan ini turut berdampak terhadap kepercayaan publik kepada Presiden Joko Widodo. Di mana dalam survei yang sama, approval rating Jokowi mencapai 77,1 persen.

"Dalam pandangan saya, yang memiliki kontribusi besar terhadap kinerja presiden adalah kinerja Kejaksaan Agung. Akhirnya masyarakat percaya pada Kejaksaan dan percaya pada Presiden," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA