Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Siap-siap Hadapi 273 Sengketa Pileg 2024 di MK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 16 April 2024, 11:19 WIB
Bawaslu Siap-siap Hadapi 273 Sengketa Pileg 2024 di MK
Gedung Mahkamah Konstitusi/Net
rmol news logo Sidang sengketa atau Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) khusus Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 siap dihadapi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), dengan jumlah perkara mencapai 273 permohonan.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, mengatakan, sidang PHPU Pileg 2024 baru akan dimulai pekan depan, setelah MK membacakan Putusan PHPU pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Setelah 22 April akan ada sengketa hasil pemilihan legislatif. Sengketa hasil Pileg ini akan kita mulai dari 273 permohonan," kata Bagja, saat ditemui di Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/4).

Dia memastikan, seluruh komisioner Bawaslu RI akan mengawal langsung sidang PHPU Pileg 2024 di MK. Pimpinan yang hadir dalam setiap sidang akan digilir.

"Kami akan berbagi tugas menghadiri sidang di MK," sambungnya.

Dijelaskan, sidang PHPU Pileg 2024 merupakan bagian tahapan yang harus dilalui penyelenggara Pemilu, sebagai bentuk keadilan hukum bagi para peserta Pemilu, baik partai politik maupun calon.

"Ini harus kita selesaikan sampai akhir bulan ke depan. Dan pertengahan Mei kita harapkan selesai semua," tutup Bagja.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA