Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Proporsional, Golkar Sangat Layak Dapat Jatah Kursi Banyak di Kabinet Prabowo-Gibran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 13 April 2024, 22:38 WIB
Proporsional, Golkar Sangat Layak Dapat Jatah Kursi Banyak di Kabinet Prabowo-Gibran
Kemesraan capres terpilih Prabowo Subianto dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Kemesraan capres terpilih Prabowo Subianto dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan sejumlah elite Golkar menjadi pertanda baik bagi partai berlambang beringin.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai kemesraan itu menunjukkan kelayakan Partai Golkar untuk mendapatkan jatah kursi cukup besar kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kelak.

Pasalnya, partai yang kini dinakhodai Airlangga Hartarto itu menjadi partai pemenang kedua Pileg 2024. Selain itu, Golkar juga menjadi partai terbesar di koalisi Indonesia Maju paslon 2 saat Pemilu 2024.  

“Golkar akan mendapatkan jatah kursi yang besar ya sesuai dengan proporsinya. Golkar kan pemenang pemilu dan paling besar di koalisi Indonesia Maju dibandingkan partai-partai lain,” kata Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (13/4).

Di sisi lain, Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia itu juga menilai wajar jika Golkar sempat meminta lima jatah kursi kabinet Prabowo-Gibran kelak.

Sebab, lanjutnya, Golkar memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemenangan paslon 2 di Pilpres 2024.

“Dalam konteks itu secara proporsional maka layak Golkar mendapat jatah menteri yang banyak. Dan bisa saja 5 jatah kursi itu dan kemungkinan besar bisa direalisasikan oleh Prabowo,” pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA