Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Legislator PKS Dorong Kemenlu Segera Pastikan Kondisi WNI Terdampak Gempa Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 03 April 2024, 13:34 WIB
Legislator PKS Dorong Kemenlu Segera Pastikan Kondisi WNI Terdampak Gempa Taiwan
Gempa bumi bermagnitudo 7,4 mengguncang Taiwan bagian timur hingga Ishigakijima, Jepang, Rabu (3/4) sekitar pukul 06.58 WIB/BMKG
rmol news logo Keselamatan warga negara Indonesia (WNI) di Taiwan pascagempa bermagnitudo 7,5 yang terasa hingga ke Jepang pada Rabu pagi pukul 09.00 waktu setempat harus segera jadi perhatian utama Kementerian Luar Negeri.
 
Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Jazuli Juwaini, menyampaikan simpati dan keprihatinan sekaligus belasungkawa atas bencana gempa dan tsunami tersebut. Dia berharap tidak ada korban jiwa dan evakuasi warga bisa berjalan dengan baik.
 
"Kemenlu harus bergerak cepat untuk mengidentifikasi keberadaan WNI di wilayah terdampak gempa dan tsunami serta melakukan tindakan cepat dan terukur untuk menyelamatkan WNI jika terdapat warga negara kita di sana," ucap Jazuli dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (3/4).
 
"Tentu kita semua berharap tidak ada warga negara kita yang menjadi korban," imbuhnya.
 
Gempa bermagnitudo 7,5 dan 6,6 mengguncang Taiwan pada Rabu pagi. Getaran gempa terasa hingga Pulau Okinawa dan Miyako, Jepang selatan, membuat otoritas setempat mengeluarkan peringatan tsunami di pulau-pulau tersebut.
 
Dari cuplikan video yang beredar di media sosial, sejumlah bangunan atau gedung mengalami kerusakan, bahkan ada yang hampir roboh di Taiwan.

Di sisi lain, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa di Taiwan tidak berdampak tsunami ke Indonesia. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA