Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hak Prerogatif Menentukan Kabinet Milik Presiden, Bukan Mantan Presiden

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 29 Maret 2024, 14:20 WIB
Hak Prerogatif Menentukan Kabinet Milik Presiden, Bukan Mantan Presiden
Prabowo Subianto punya hak prerogatif untuk menentukan susunan kabinet pembantunya tanpa intervensi pihak luar pemerintahan/Istimewa
rmol news logo Presiden terpilih memiliki hak prerogatif untuk menentukan postur kabinet pemerintahannya. Mantan presiden diharapkan tidak ikut campur.

Hal itu ditegaskan penggagas lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, menanggapi potensi cawe-cawe Presiden Joko Widodo dalam pemerintahan Prabowo-Gibran ke depan.

"Benar seharusnya Jokowi jangan cawe-cawe," ucap pria yang karib disapa Hensat ini kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (29/3).

Menurut Hensat, jika Jokowi masih mau cawe-cawe, tetap tergantung sikap Prabowo. Pasalnya, sebagai presiden terpilih dan punya hak prerogatif, Prabowo mau atau tidak Jokowi ikut campur dalam dalam pembentukan kabinetnya.

"Jadi semua orang pasti berusaha untuk cawe-cawe, termasuk Jokowi. Nah intinya Prabowo mau enggak ada orang lain cawe-cawe? Kalau Prabowo enggak mau orang lain cawe-cawe pasti enggak ada yang bisa cawe-cawe," katanya.

"Jadi hak prerogatif presiden, bukan hak prerogatif mantan presiden atau teman-temannya presiden," demikian Hendri Satrio. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA