Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TNI AL Berperan Penting dalam Tata Ruang Pertahanan Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Sabtu, 23 Maret 2024, 04:19 WIB
TNI AL Berperan Penting dalam Tata Ruang Pertahanan Indonesia
Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan kuliah umum di Seskoal, Jakarta, Jumat (22/3)/Ist
rmol news logo Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan kuliah umum di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), Jakarta, Jumat (22/3/2024). Dalam kesempatan tersebut AHY menyampaikan materi terkait Tata Ruang Pertahanan Indonesia.

Dalam kuliah umum tersebut, AHY mengambil tema “Tata Ruang Pertahanan Indonesia dan Peran Sentral TNI AL”. AHY berbicara tentang peran penting TNI, khususnya TNI AL dalam rangka mewujudkan tujuan Nasional.

Hal ini terlihat jelas dari luas wilayah perairan yang harus dijaga dan posisi Ibu Kota Negara (IKN) yang saat ini tengah dibangun, lokasinya berdekatan dengan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI)

“Untuk mewujudkan tujuan nasional diperlukan prasyarat dasar, yakni perencanaan tata ruang wilayah yang matang, termasuk wilayah pertahanan," kata AHY.

Untuk itu, AHY menekanlan bahwa pertahanan negara perlu disusun dalam suatu sistem pertahanan semesta, untuk mencapai tujuan nasional.

Pertahanan semesta sendiri adalah suatu pertahanan yang melibatkan seluruh warga negara sesuai peran dan fungsinya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA