Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sufmi Dasco Ahmad Layak Menko Polhukam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 17 Maret 2024, 08:44 WIB
Sufmi Dasco Ahmad Layak Menko Polhukam
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad/RMOL
rmol news logo Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad dinilai cocok menjabat Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) di Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sebab Dasco dianggap mampu menstabilkan dari sisi politik dan hukum, serta membuat strategi agar Aparat Penegak Hukum (APH) bertindak dan bekerja secara profesional.

Komunikolog politik dan hukum nasional, Tamil Selvan alias Kang Tamil mengatakan, dari hasil real count sementara ini, menunjukkan bahwa kemenangan Pilpres 2024 ada pada Capres-Cawapres Nomor Urut 2, Prabowo-Gibran.

"Artinya di samping mempersiapkan kemenangan tersebut, termasuk mempersiapkan potensi adanya gugatan dan sebagainya, tentu pasangan capres-cawapres ini perlu juga mempersiapkan pihak-pihaknya yang dikira kompeten untuk mengisi posisi kabinet," kata Kang Tamil kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (17/3).

Kang Tamil pun menyoroti soal posisi Menko Polhukam. Di mana, begitu besar perhatian masyarakat tentang hukum, bahkan keluar diksi "no viral no justice" yang menunjukkan bahwa masyarakat antipati terhadap APH.

"Hal ini cukup terbayar dengan adanya posisi menteri-menteri yang membidangi hukum, yang kira-kira memberikan secercah harapan kepada masyarakat. Tapi kalau saya melihat, secercah harapan yang diberikan oleh Menko Polhukam dalam hal ini Pak Mahfud MD itu hanya harapan semu," terang Kang Tamil.

Kang Tamil menilai, selama Menko Polhukam dijabat oleh Mahfud MD, hanya lebih berorientasi terhadap popularitas, bukan terhadap penyelesaian masalah.

Untuk itu, kata Kang Tamil. perlu ada figur yang mumpuni, yang memiliki latar belakang praktisi yang cukup baik di bidang hukum, serta kemampuan akademik yang cukup teruji di bidang hukum untuk mengisi jabatan Menko Polhukam.

"Saya kira dalam pemerintahan Prabowo-Gibran ini, saya kira hal-hal yang saya sampaikan tadi itu ada pada diri seorang Sufmi Dasco Ahmad," tutur Kang Tamil.

Menurut dosen di Universitas Dian Nusantara ini ini, Dasco cukup teruji sepak terjangnya di dunia politik, dan di bidang hukum untu mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah maupun APH.

"Jika ditunjuk Sufmi Dasco Ahmad, saya kira dia akan sangat berpengalaman untuk menstabilkan sisi politik, kemudian juga menstabilkan sisi hukum, dan juga membuat pola-pola yang cukup baik untuk membuat APH bisa bertindak dan bekerja secara profesional," pungkas Kang Tamil.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA