Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Akankah Golkar Mencatat Sejarah Baru di Dapil Jaktim?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 06 Maret 2024, 10:18 WIB
Pengamat: Akankah Golkar Mencatat Sejarah Baru di Dapil Jaktim?
Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago/Net
rmol news logo Daerah pemilihan (Dapil)  DKI I pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024 DPR RI diprediksi tanpa kader Partai Golkar. Hal ini berbanding terbalik dengan hasil Pileg Golkar secara nasional yang terbilang sukses besar dan digadang-gadang akan menguasai kursi Ketua DPR RI.

Merujuk real count sementara KPU RI, Dapil DKI I dikuasai PKS. Diikuti PDIP, Gerindra, PAN, dan PKB.

"Tantangan Partai Golkar di Dapil Jaktim tidak hanya merebut kursi partai dari partai lain, tapi peran mesin politik masing-masing caleg juga penting. Mesin para caleg inilah yang tidak berjalan baik," kata Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/3).

Dilihat dari suara para caleg, Golkar memiliki Dito Ariotedjo yang kini menjabat sebagai Menpora. Namun ia terancam tidak bisa lolos ke Senayan karena hingga 4 Maret 2024, Dito ada di posisi delapan. Sementara Dapil Jakarta I ini hanya menyediakan enam kursi.

Namun demikian, kondisi ini bisa saja berubah karena proses perhitungan dari KPU RI masih berjalan.

"Ini semua masih sementara. Hasilnya kedepan tentu masih ada perubahan. Kita lihat, apakah Golkar mencatat sejarah baru di Dapil Jaktim dengan mengantarkan kadernya ke DPR RI," tutup Arifki.

Sementara untuk perolehan nasional, Golkar cukup moncer jika dibandingkan dengan Pileg 2019 yang saat itu hanya 79 ribu. Sedangkan pada Pileg 2024 ini, suaranya diperkirakan mencapai 110 ribu. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA