Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PAN: Pengusul Hak Angket Pemilu Enggak Siap Kalah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 29 Februari 2024, 19:04 WIB
PAN: Pengusul Hak Angket Pemilu Enggak Siap Kalah
Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi/Net
rmol news logo Hak angket yang muncul setelah pencoblosan Pemilu 2024 karena ada pihak-pihak yang belum siap menerima kekalahan.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi menyoal wacana hak angket dugaan kecurangan Pemilu 2024.

"Ya (pengusung hak angket) tidak siap kalah, maunya menang terus," ucap Viva Yoga Mauladi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (29/2).

Menurutnya, proses pemilu serentak saat ini masih dalam tahap penghitungan suara. Maka, usulan hak angket yang digulirkan tidak relevan.

"Sekarang kan masih proses perhitungan suara. Masih dihitung. PAN sendiri tidak setuju dengan hak angket, tidak ada relevansi dan urgensinya," ujarnya.

Bukan tanpa alasan, undang-undang pemilu telah jelas memfasilitasi sengketa pemilu. Bukan melalui hak angket di DPR RI, melainkan lewat Gakkumdu Bawaslu dan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kalau untuk pelanggaran kan sudah diatur di UU Pemilu. Jika ada potensi pelanggaran, penyimpangan, dan kecurangan, administrasinya di Bawaslu. Gunakanlah itu," tutupnya.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA