Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wamenkominfo: Komitmen Kebebasan Pers Hingga Saat Ini Masih Kuat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Sabtu, 10 Februari 2024, 20:26 WIB
Wamenkominfo: Komitmen Kebebasan Pers Hingga Saat Ini Masih Kuat
Wakil Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria/RMOL
rmol news logo Baru dihadiri Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, Wakil Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria menilai komitmen kebebasan pers hingga saat ini masih cukup kuat.

Hal itu disampaikan langsung Nezar Patria saat memberikan sambutan di acara Deklarasi dan Penandatanganan Komitmen Capres-cawapres tentang Kemerdekaan Pers yang diselenggarakan Dewan Pers di kantor Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu malam (10/2).

Dalam acara ini, baru Capres Anies Baswedan yang sudah hadir. Sedangkan Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo belum terlihat hadir. Akan tetapi, masing-masing tim sukses keduanya sudah hadir.

"Yang saya hormati, pada paslon, Bapak Anies Baswedan Paslon nomor 1, dan nomor Paslon nomor 2 yang mewakili, Paslon nomor 3 yang mewakili," kata Nezar mengawali sambutannya.

Nezar mengatakan, Kominfo mendukung penuh acara deklarasi dan penandatanganan komitmen capres-cawapres tentang kemerdekaan pers yang diselenggarakan Dewan Pers.

"Kominfo tentu saja mendukung penuh acara ini deklarasi komitmen kemerdekaan pers dan juga mendukung pemilu yang damai, jujur, dan adil," katanya.

"Seperti kita ketahui, sejak reformasi, sejak kita memiliki UU Pers 40/1999, saya kira ini yang menjadi garis demarkasi, antara rezim demokratis dengan rezim otoriter," terangnya.

Menurutnya, kebebasan pers merupakan satu indikator yang sangat penting. Nezar bersyukur, selama reformasi berjalan dan beberapa pimpinan nasional memimpin hingga hari ini, komitmen kebebasan pers masih cukup kuat.

"Kita berharap akan semakin baik lagi ke depan, dan tentu saja melalui Pemilu 2024 ini, kita sangat harapkan satu kompetisi yang jujur, kompetisi yang adil, dan tentu saja pemilu yang damai," pungkas Nezar.

Dalam acara ini, turut dihadiri perwakilan Kapolri, perwakilan Panglima TNI, konstituen Dewan Pers, KPU, Bawaslu, dan lainnya.

Untuk Capres Ganjar Pranowo diagendakan hanya mengikuti acara ini melalui sambungan zoom karena masih berada di Semarang, Jawa Tengah.

Terlihat pula sudah hadir Co-Captain Tim Nasional Anies-Muhaimin atau Amin, Sudirman Said; Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid; Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA