Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dimotori Saiful Mujani, Civitas Akademika UIN Syarif Hidayatullah Desak Netralitas Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 05 Februari 2024, 12:57 WIB
Dimotori Saiful Mujani, Civitas Akademika UIN Syarif Hidayatullah Desak Netralitas Jokowi
Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Saiful Mujani di Taman Landmark UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (5/2)/RMOL
rmol news logo Civitas akademika UIN Syarif Hidayatullah memberi pernyataan sikap dengan mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bersikap netral pada Pemilu 2024 ini, di Taman Landmark UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (5/2).

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, pernyataan sikap dibacakan oleh Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Saiful Mujani, kemudian terdapat sejumlah alumni UIN Syarif Hidayatullah seperti Ray Rangkuti, Saidiman Ahmad, Buya Azwar Furqudyama dan lainnya.

"Mendesak presiden dan aparat negara untuk bersikap netral dan menjadi pengayom bagi seluruh kontestan pemilu," ujar Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Saiful Mujani di lokasi.

Menurutnya, Jokowi sebagai kepala negara harus mampu bersikap adil dalam pemilu ini.

"Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan wajib bersikap netral dan memfasilitasi seluruh aktivitas pemilu berdasar prinsip keadilan," ujarnya.

Mujani menambahkan Jokowi tidak hanya dilarang menggunakan fasilitas negara tapi juga sikap politiknya dalam kontestasi pemilu.

"Netral dalam hal ini bukan saja tidak menyatakan pilihan politiknya, tapi juga seluruh sikap dan laku diri sebagai presiden. Terutama tidak membuat kebijakan yang dapat berdampak menguntungkan secara elektoral bagi paslon tertentu," tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA