Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Data Pemilih Ganda, Bawaslu Tunggu Laporan Akhir Panwaslu Johor Bahru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 02 Februari 2024, 10:39 WIB
Soal Data Pemilih Ganda, Bawaslu Tunggu Laporan Akhir Panwaslu Johor Bahru
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja/RMOL
rmol news logo Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merespons laporan dugaan pelanggaran administrasi Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Johor Bahru, Malaysia terkait data pemilih ganda.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja menerangkan, pihaknya masih menunggu laporan dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Johor Bahru.

"Johor lagi kita periksa, Panwaslu Johor lagi kita minta keterangan, minta LHP-nya (Laporan Hasil Pengawasan)," ujar Bagja kepada wartawan, Jumat (2/2).

Bagja mengatakan, ada dua bentuk dugaan pelanggaran yang bisa diproses Bawaslu dari laporan Migrant Care, setelah mendapat LHP dari Panwaslu Johor Bahru.

"Nanti kita periksa. Jika ada indikasi pidana tentu kita sampaikan teman-teman polisi dan jaksa. kalau pelanggaran administrasi nanti kita lihat prosesnya (di Bawaslu)," kata Bagja.

Migrant Care menemukan 3.238 nama pemilih ganda atau sekitar 2,7 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Johor Bahru sebanyak 119.491 nama pemilih.

Jumlah data pemilih tersebut 10 kali lipat dari data pemilih ganda yang ditemukan di New York, Amerika Serikat, sebanyak 374 nama dari total DPT sebanyak 11.141 nama. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA