Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Memainkan Banyak Gimmick, Gibran Lebih Defensif dalam Debat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 22 Januari 2024, 13:47 WIB
Memainkan Banyak Gimmick, Gibran Lebih Defensif dalam Debat
Tangkapan layar debat cawapres, Minggu (21/1)/RMOL
rmol news logo Sikap defensif Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka tampak dalam debat keempat KPU yang berlangsung di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu malam (21/1).

Hal itu diutarakan dosen ilmu politik dan international studies Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam menyikapi penampilan tiga kandidat cawapres dalam debat keempat.

“Meskipun sesekali menyerang, namun kali ini Gibran lebih banyak memainkan strategi defensif,” ujar Khoirul Umam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (22/1).

Khoirul Umam berpendapat sengitnya serangan antara kubu 01 dan 03, Gibran terpaksa harus menjawab sekaligus mempertanggungjawabkan kinerja pemerintahan Jokowi selama ini.

“Sementara itu, pilihan strategi debat Gibran yang mengulang lagi singkatan atau istilah konseptual, kali ini memang kembali berhasil menjebak Mahfud dan Muhaimin,” jelasnya.

Hal itu, kata Khoirul Umam, terefleksi dalam jawaban Muhaimin dan Gibran yang terkesan mengambang.

“Namun, sikap dan gimmick Gibran dalam menyampaikan pertanyaan dan merespons jawaban justru terkesan kurang simpatik,” sambungnya.

Seharusnya, lanjut Khoirul Umam, Gibran tampil tenang  dan menghindari sejumlah gimmick yang tidak perlu dan tidak produktif. Karena sebenarnya materi serangannya sudah kena sasaran.

“Namun karena Gibran lebih memilih melanjutkan gimmick yang kurang simpatik, akhirnya kubu 01 dan 03 kompak menghantam strategi itu dengan judgment pertanyaan receh dan tidak layak untuk dijawab,” demikian Khoirul Umam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA