Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DEBAT PILPRES 2024

Gibran Soal Tantangan Pembangunan Berkeadilan: Titik Keseimbangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Minggu, 21 Januari 2024, 20:35 WIB
Gibran Soal Tantangan Pembangunan Berkeadilan: Titik Keseimbangan
Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka/RMOL
rmol news logo Mewujudkan pembangunan rendah karbon berkeadlan masih memiliki tantangan yang harus dijawab pemerintahan selanjutnya.

Menurut Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, tantangan pemerintahan ke depan adalah mencari titik keseimbangan.

"Tantangannya mencari titik keseimbangan atau titik tengah. Kita ingin menggenjot hilirisasi industri, tapi kita juga wajib menjaga kelestarian lingkungan," kata Gibran dalam debat Cawapres 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu malam (21/1).

Sektor pertanian juga mengalami tantangan serupa. Jika ingin meningkatkan produktivitas petani dan sektor maritim, keseimbangan alam wajib dijaga pemerintah.

Tantangan-tantangan tersebut, kata Gibran, bisa dijawab dengan berbagai kebijakan. Mulai dari analisis dampak lingkungan (Amdal), sustainability report, hingga ketepatan alih fungsi lahan.

"Jangan sampai ada alih fungsi lahan yang  sekiranya merugikan pengusaha lokal, UMKM lokal ataupun masyarakat adat setempat. Sekali lagi, potensi energi baru terbarukan kita punya potensi yang besar sekali, (mencapai) 3.686 giga watt," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA