Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo Akui Peran Sentral Petani untuk Jaga Ketahanan Pangan Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 19 Januari 2024, 00:17 WIB
Prabowo Akui Peran Sentral Petani untuk Jaga Ketahanan Pangan Indonesia
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat bertemu ribuan petani di Blora, Jawa Tengah, Kamis (18/1)/Istimewa
rmol news logo Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan lembaga pemerintah yang paling strategis dalam mengatasi komoditas pangan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Tanpa pertanian dan pangan, tidak ada negara, tidak ada Republik Indonesia. Tanpa pangan, tidak ada peradaban manusia," ucap Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, di hadapan 35 ribu petani Blora, Jawa Tengah, Kamis (18/1).

Prabowo menuturkan, peran petani sangat sentral saat Indonesia menghadapi perang kemerdekaan melawan penjajah. Saat itu petani yang membantu memberi makan para prajurit Indonesia.

"Tentara enggak bisa perang tanpa makan. Saya utang budi kepada kalian (petani). Waktu saya (masih) di tentara, kalian yang selalu dukung TNI," kata Prabowo.

Bahkan kecintaan kepada petani telah ditanamkan Prabowo sejak dirinya masih menjadi prajurit aktif hingga pensiun. Salah satu bentuk kecintaannya adalah dengan memperjuangkan swasembada pangan dengan terlibat di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), hingga Induk Koperasi Unit Desa (Inkud).

"Sejak puluhan tahun dari sejak saya masih aktif di tentara dan pensiun, saya berjuang di HKTI bersama KTNA juga bersama Inkud, selalu memperjuangkan swasembada pangan," tegas Prabowo. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA