Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Simpatisan Caleg Pukul Panwascam di Medan, Ketua Bawaslu: Kami Tersinggung!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 17 Januari 2024, 18:48 WIB
Simpatisan Caleg Pukul Panwascam di Medan, Ketua Bawaslu: Kami Tersinggung<i>!</i>
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja/RMOL
rmol news logo Pemukulan terhadap Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Medan, membuat kesal Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja.

Sosok yang kerap disapa Bagja tersebut mengecam kejadian pemukulan 2 orang Panwascam di Medan, Sumatera Utara, akibat menertibkan kegiatan calon anggota legislatif (caleg) DPD RI yang menggelar kampanye terbuka di luar jadwal.  

"Kami tersinggung sekali. Kami nyatakan kepada tim caleg itu, Bawaslu merasa tidak dapat diperlakukan seperti itu oleh para peserta pemilu," ujar Bagja kepada wartawan di Jakarta, Rabu (17/1).

Kampanye terbuka caleg DPD RI di Medan tersebut, dijelaskan Bagja, dipantau Panwascam karena melibatkan banyak orang dalam bentuk lomba karaoke.

Saat itu, dua orang Panwascam yang dipukuli oknum simpatisan caleg DPD RI Medan itu merekam dan memotret kegiatan kampanye terbuka itu.

Menurut Bagja, kejadian pemukulan di Medan itu menjadi bukti kerja-kerja jajaran pengawas di daerah cukup beresiko.

"Tantangannya adalah massa. Kita berhadapan dengan massa yang begitu besar. Kami sudah memerintahkan kepada panwascam, Bawaslu Kabupaten/Kota, jika kemudian terjadi pelanggaran, langsung koordinasi dengan polisi," ucapnya.

"Kenapa? Enggak bisa kejadian-kejadian Medan Kota misalnya ini terjadi lagi," demikian Bagja menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA