Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Romo Magnis Sedih Indonesia Negara Demokrasi Paling Korup di Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 14 Januari 2024, 11:51 WIB
Romo Magnis Sedih Indonesia Negara Demokrasi Paling Korup di Dunia
Tangkapan layar Guru Besar Sekolah Tinggi Filsafat Diryarkara Romo Magnis Suseno dalam akun Youtube Media Indonesia/RMOL
rmol news logo Bangsa Indonesia telah berhasil menjadi negara demokrasi yang menjadi panutan negara-negara lain, lewat UUD 1945 dan Pancasila serta menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Demikian disampaikan Guru Besar Filsafat Driyarkara Romo Magnis Suseno dikutip Kantor Berita Politik RMOL dari akun Youtube Media Indonesia, Minggu (14/1).

Meski begitu, Romo Magnis mengaku miris lantaran Indonesia menjadi negara paling korup di dunia.

"Sekarang, Indonesia menjadi negara paling korup di dunia, itu betul-betul menyedihkan menurut saya. Tidak hanya menyedihkan, korupsi itu tentu ada berkaitan dengan apa yang sering disebut dikritik sebagai oligarki, membusukkan kehidupan bersama bangsa Indonesia," kata Romo Magnis.

Romo Magnis berpendapat, bangsa Indonesia sebetulnya telah menorehkan sebuah sukses story luar biasa, lantaran memiliki keanekaragaman suku dan etnis tanpa adanya konflik dan perang saudara seperti negara lain.

"Mengapa Indonesia itu negara paling majemuk, membuat ratusan komunitas dengan identitas etnik, budaya dan juga agamis, bersatu merasakan ini Indonesia. Kami ini bangsa Indonesia itu, satu yang luar biasa itu, di banyak negara lain tidak berhasil, ada konflik-konflik," kata Romo Magnis.

Romo Magnis berharap bangsa Indonesia tetap rukun dan damai meskipun dicap sebagai negara terkorup di dunia. Oleh karena itu, ia meminta agar Indonesia dipimpin oleh orang yang jujur dan mampu memberantas korupsi.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA