Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi dan PDIP Pisah Jalan, Sedang Bertempur?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 12 Januari 2024, 09:50 WIB
Jokowi dan PDIP Pisah Jalan, Sedang Bertempur?
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Hubungan antara Presiden Joko Widodo dengan PDIP sudah pisah jalan, antara lain karena beda kepentingan di Pilpres 2024.

Adapun, status keanggotaan Jokowi di PDIP belum dikeluarkan alias dipecat secara resmi. Namun faktanya Jokowi sudah tak bersama lagi dengan partai yang dinakhodai Megawati Soekarnoputri itu.

“Faktanya dan kenyataannya bahwa Jokowi sudah berpisah dengan PDIP. Walaupun memang secara de jure secara aturan Jokowi masih anggota partai atau belum dipecat,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (12/1).

Ujang menilai, pisah jalan itu nampak nyata setelah pencalonan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024 hingga kerap absen dalam acara-acara penting PDIP.

Di tambah manuver-manuver politik yang mengarah pada dukungan pasangan calon nomor urut 2, sudah mengindikasikan secara jelas bahwa Jokowi berbeda kepentingan dengan PDIP.

“Jadi inti daripada Jokowi dengan PDIP itu ya memang pisah jalan, bukan main dua kaki. Mereka memang sedang bertempur, sudah pilihan dan kepentingan,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA