Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo Dorong Percepatan Pembangunan Tanggul Laut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Rabu, 10 Januari 2024, 15:56 WIB
Prabowo Dorong Percepatan Pembangunan Tanggul Laut
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi pembicara utama dalam seminar nasional yang mengangkat tema ‘Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa, Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall)’ di Jakarta, Rabu (10/1)/Ist
rmol news logo Pembuatan tanggul laut diyakini mampu menjadi solusi banjir yang kerap terjadi di di Pantai Utara Jawa (Pantura).

Pesan itu disampaikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menjadi pembicara utama dalam seminar nasional yang mengangkat tema ‘Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa, Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (Giant Sea Wall)’ di Jakarta, Rabu (10/1).

“Pantura menjadi potensi yang menentukan bagi kita semua. Jawa masih menyumbang lebih dari 50 persen dari PDB (Produk Domestik Bruto) kita. Sehingga ini yang sudah masuk Proyek Strategis Nasional (PSN) sungguh-sungguh kita dahulukan. Kita harus kumpulkan otak-otak terbaik bangsa. Percepat pemhangunan Giant Sea Wall,” kata Prabowo.

Di kesempatan yang sama, ekonom Raden Pardede mengatakan bahwa di Laut Jawa terdapat arus laut yang kuat sehingga potensi terjadinya banjir rob semakin tinggi.

“Global warming atau pemanasan global juga menjadi masalah lain yang perlu diantisipasi,” kata Raden

Selain dilihat dari fungsi keamanan dan ekonomi, dari perspektif pertahanan, tanggul laut juga memiliki beberapa fungsi, di antaranya, melindungi terhadap banjir dan bencana alam, serta berkontribusi terhadap ketahanan kota secara keseluruhan.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA