Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Anggap Demokrat Bukan Partai Pengusung Utama?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 10 Januari 2024, 13:39 WIB
Jokowi Anggap Demokrat Bukan Partai Pengusung Utama?
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)/RMOL
rmol news logo Tak adanya jamuan makan antara Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, dengan Presiden Joko Widodo memicu spekulasi publik bahwa partai berlambang bintang mercy itu dianggap setengah hati mendukung Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024.

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, Demokrat tidak diajak makan oleh Jokowi karena bukan partai koalisi utama.

Selain itu, Pangi memandang kesibukan Jokowi sebagai Kepala Negara yang membuatnya urung mengagendakan makan bersama Demokrat.

"Saya pikir mungkin bisa saja karena belum ada waktu yang tepat, atau memang sengaja Pak Jokowi belum mau mengundang AHY. Karena dianggap bukan partai pengusung utama, bisa saja," ujar Pangi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (10/1).

Terlepas dari itu, lanjut Pangi, bisa jadi Jokowi menganggap caleg-caleg dari Demokrat tidak all out dalam mendukung Prabowo-Gibran.

"Banyak banget spanduk caleg Demokrat sepi dari foto Gibran. Bagi Demokrat, itu Prabowo effectnya lebih signifikan dirasakan dan efek ekor jasnya kepada Gerindra. Bukan ke PAN, bukan ke Golkar, apalagi ke Demokrat," katanya.

"Jadi persamaan kepentingannya enggak ada," demikian Pangi Syarwi Chaniago. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA