Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kurangi Rasa Cerdas Cermat, Debat Ketiga Lebih Bagus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 09 Januari 2024, 10:17 WIB
Kurangi Rasa Cerdas Cermat, Debat Ketiga Lebih Bagus
Prabowo Subianto dan Anies Baswedan/Ist
rmol news logo Debat ketiga calon presiden membahas Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik yang diselenggarakan KPU RI formatnya lebih baik dari debat sebelumnya lantaran menyentuh substansi tema debat.

"Menurut saya, debat kali ini menunjukkan peningkatan baik dari segi format maupun substansi dibandingkan debat sebelumnya. Kini lebih mendekati esensi debat yang sesungguhnya dan mengurangi kesan debat rasa cerdas cermat," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (9/1).

Pangi berpendapat, debat ketiga berlangsung dengan adu data, sindiran, dan ketegangan yang wajar dalam suasana debat sejati. Di sisi lain, Pangi mengingatkan agar debat tidak menyentuh personal.

"Namun, kita harus ingat bahwa menyerang karakter pribadi calon presiden bukanlah bagian dari etika debat. Meskipun perdebatan dapat sengit, perlu dihindari serangan personal," kata Pangi.

Pangi memberikan contoh pernyataan Prabowo Subianto yang mengkritik Anies Baswedan terkait etika, tidak seharusnya menyentuh karakter pribadi.

"Publik menanti gagasan, pikiran, isu, program, kebijakan, dan ide dalam debat capres, bukan serangan personal. Sayangnya, dalam debat terakhir, terlihat lebih banyak manuver penyerangan pribadi daripada fokus pada substansi debat," kata Pangi.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA