Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anies-Ganjar Beri Rapor Merah ke Prabowo, Beda dengan Penilaian Publik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 08 Januari 2024, 20:12 WIB
Anies-Ganjar Beri Rapor Merah ke Prabowo, Beda dengan Penilaian Publik
Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto/Net
rmol news logo Kinerja Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan RI menjadi target sasaran Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan saat Debat Capres 2024 pada Minggu (7/1).

Pada debat bertema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik itu, Ganjar memberi skor 5 kepada kinerja Kemhan RI di bawah komando Prabowo.

Lain lagi dengan Anies Baswedan. Saat ditanya balik oleh Ganjar, capres nomor urut 1 itu memberi skor 11, dari skala penilaian 100 terhadap kinerja Kemhan RI.

Penilaian jeblok kepada Kemhan ini menjadi menarik karena disampaikan di tengah debat capres yang merupakan rangkaian dari proses pencoblosan presiden dan wakil presiden 2024.

Bila melihat berbagai data lembaga survei, penilaian Anies dan Ganjar terhadap kinerja Menhan era Prabowo justru bertolak belakang dengan persepsi publik.

Beberapa lembaga survei menilai kinerja Prabowo sebagai Menhan cukup memuaskan dibanding pos kementerian lain di kabinet Joko Widodo-Maruf Amin.

Sebut saja survei Poltracking Indonesia yang dipublikasi pada 28 April 2023, Menhan Prabowo menjadi menteri kabinet pemerintahan Presiden Jokowi dengan kinerja terbaik. Tingkat kepuasan publik terhadap Menhan Prabowo bahkan mencapai 64,8 persen.

Persentase ini berada di atas Menteri BUMN, Erick Thohir yang sebesar 64,3 persen, dan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dengan 63,4 persen dalam survei yang digelar periode Februari, Maret, dan April 2023.

Publik juga menilai Menhan Prabowo sebagai menteri kabinet Jokowi dengan kinerja paling bagus, sebagaimana temuan survei Indostrategi yang digelar pada 1 sampai 10 Mei 2023.

Pada temuan survei tersebut, Menteri Pertahanan menempati posisi pertama dengan 18,7 persen. Diikuti Menteri Sosial dengan 17,3 persen, Menko Polhukam dengan 10,7 persen, Menteri PUPR 6,2 persen, Menteri BUMN dengan 5,2 persen. Sementara posisi terakhir ada Menteri Perhubungan dengan 0,3 persen.

Hasil yang sama juga diungkap lembaga survei Indikator Politik Indonesia. Pada riset yang digelar 20 sampai 24 Juni 2023, Prabowo dinilai publik berkinerja baik, yakni mencapai persentase 93,8 persen.

Masih dalam temuan Indikator Politik, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Prabowo juga sangat tinggi mencapai 91,7 persen. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA