Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Balas Anies, Airlangga: Indonesia Tidak Cuma Duduk dan Diam di Kancah Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 08 Januari 2024, 17:44 WIB
Balas Anies, Airlangga: Indonesia Tidak Cuma Duduk dan Diam di Kancah Global
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Peran Indonesia di kancah internasional tidak hanya menjadi penonton sebagaimana dituduhkan Calon Presiden nomor 1, Anies Baswedan.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Indonesia menjadi salah satu negara penting saat pandemi Covid-19 dan konflik Rusia-Ukraina. Presiden Jokowi bahkan melawat langsung untuk mendorong perdamaian antara Rusia dan Ukraina.

"Kepemimpinan G20 itu Indonesia bukan hanya duduk, diam, hadir. Kita memimpin, Bapak Presiden datang ke Ukraina, ke Uni Soviet, Rusia, dan kita dihargai. Bentuk penghargaan itu adalah KTT G20 (di Indonesia) sangat berhasil," tutur Airlangga dalam keterangannya usai menyaksikan debat Capres di Jakarta, Minggu (7/1).

Airlangga menambahkan, keberhasilan Indonesia di KTT G20 membuahkan banyak hasil untuk negara. Bahkan, melihat pentingnya Indonesia di mata dunia, membuat Presiden Jokowi diundang langsung dalam pertemuan bilateral dengan Amerika Serikat.

Menurut Ketua Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran ini, Indonesia telah menunjukkan kepemimpinannya di kancah politik global dan pertemuan APEC di Amerika Serikat.

"Bapak Presiden diundang langsung di Washington dalam pertemuan bilateral," ujar Airlangga.

Keputusan G20 juga banyak diadopsi pada pertemuan APEC di Bangkok, Thailand pasca-KTT G20 di Indonesia. Hal ini sudah cukup menjadi bukti Indonesia bukan hanya negara penonton di kancah politik global. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA