Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga: Indonesia Negara Selatan yang Dianggap Leader

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Senin, 08 Januari 2024, 05:26 WIB
Airlangga: Indonesia Negara Selatan yang Dianggap <i>Leader</i>
Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Airlangga Hartarto di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu malam (7/1)/RMOL
rmol news logo Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan menyindir Indonesia yang diklaimnya hanya menjadi penonton di forum atau pertemuan internasional.

"Insya Allah akan mengembalikan posisi Indonesia menjadi pelaku utama di dalam konstelasi global. Indonesia tidak hadir sebagai penonton, tetapi Indonesia hadir sebagai penentu arah perdamaian," ujar Anies dalam Debat Ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu malam (7/1).

Menyikapi hal itu, Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Airlangga Hartarto menilai pernyataan Anies tidak tepat.

Lanjut Airlangga, salah satu bukti Indonesia berperan penting saat forum internasional G20 dan posisi penting Indonesia di tengah pandemi Covid-19 serta perang Ukraina-Rusia.

"Pertama saya pikir perlu diluruskan mengenai politik luar negeri kita, karena kebetulan saya bertanggung jawab baik itu terhadap G20 maupun kepemimpinan di KTT ASEAN. Indonesia hadir dan Indonesia bukan hanya mewarnai tetapi menentukan arah politik luar negeri," kata Airlangga usai debat di Istora Senayan.

Tak sampai di situ, Airlangga yang juga Menko Perekonomian ini mengatakan Jokowi juga menunjukkan kepemimpinan Indonesia lewat pertemuan APEC di Amerika Serikat.

Bahkan, Indonesia diundang ke pertemuan tersebut. Itulah yang membedakan Indonesia dengan negara lain di ASEAN.

"Indonesia adalah negara selatan yang dianggap leader dari global south," tandas Airlangga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA