Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo-Gibran Kuasai Hampir Seluruh Wilayah, Kecuali Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 03 Januari 2024, 16:18 WIB
Prabowo-Gibran Kuasai Hampir Seluruh Wilayah, Kecuali Jakarta
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka/Net
rmol news logo Dukungan publik untuk Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka makin meluas dan hampir merata di seluruh wilayah.

Hasil survei Polling Institute pada 26 sampai 28 Desember 2023, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 ini unggul di mayoritas daerah setelah berlangsungnya debat Pilpres 2024 pertama dan kedua yang digelar KPU RI.

“Pasangan Prabowo-Gibran unggul di hampir setiap kelompok masyarakat, kecuali di wilayah DKI Jakarta,” urai peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim dalam paparannya secara virtual, Rabu (3/1).

Berdasarkan demografi wilayah, Prabowo-Gibran unggul di Sumatera, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku-Papua.

Seperti di Sumatera, Prabowo-Gibran didukung 40,4 persen responden. Di posisi kedua ditempati Anies-Muhaimin dengan 30,5 persen, menyusul Ganjar-Mahfud 20,5 persen.

Di Banten, dukungan untuk Prabowo-Gibran juga tinggi, mencapai 57,5 persen.

“Setelahnya ada Anies-Muhaimin dengan 23 persen, lalu Ganjar-Mahfud 12 persen,” jelas Kennedy.

Prabowo-Gibran juga menguasai wilayah Jawa Tengah-DIY mencapai 42,9 persen, menyusul Ganjar-Mahfud 33,8 persen, dan Anies-Muhaimin 14 persen.

Paslon nomor urut 2 itu hanya kalah di DKI Jakarta. Di wilayah ini, pasangan Anies-Muhaimin unggul dengan 46,9 persen. Posisi kedua ada Prabowo-Gibran dengan 35,1 persen. Sementara Ganjar-Mahfud 9,0 persen.

Survei ini melibatkan 1.246 responden yang disurvei pada 26 sampai 28 Desember 2023. Margin of error survei ini kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA