Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi VII Minta Pengawasan Operasi Smelter Diperketat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 01 Januari 2024, 11:49 WIB
Komisi VII Minta Pengawasan Operasi Smelter Diperketat
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo harus bisa memastikan kementerian teknis memperketat pengawasan perusahaan yang mengoperasikan smelter, menyusul adanya ledakan di smelter PT ITSS, Morowali, Sulawesi Tengah.

"Kejadian kebakaran di smelter ini menunjukkan aspek pengawasan harus diperketat," kata Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno kepada wartawan, Senin (1/1).

Sekretaris Jenderal PAN ini menuturkan pengawasan smelter perlu diperketat agar tidak terjadi peristiwa nahas kembali. Misalnya, dengan melakukan audit sejumlah pabrik smelter.

"Artinya audit terhadap pabrik smelter harus diperketat. Bukan hanya di pabrik smelter di Morowali tapi di seluruh perusahaan smelter yang beroperasi di Indonesia seperti pesan kami sebelumnya," tuturnya.

Selain audit, Eddy juga meminta aparat hukum mengumumkan hasil investigas secara terbuka dari kebakaran di ITSS dan menegakkan hukum secara konsisten.

"Tentu harus ada penegakan hukum yang tegas terhadap siapapun yang lalai dan harus dihukum," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA