Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

19 Tahun Tsunami Aceh, AHY dan SBY Ziarah Kuburan Massal Siron

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 25 Desember 2023, 21:16 WIB
19 Tahun Tsunami Aceh, AHY dan SBY Ziarah Kuburan Massal Siron
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, bersama Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono, dan jajaran Partai Demokrat ziarah ke kuburan massal korban tsunami Aceh/Ist
rmol news logo Memperingati 19 tahun tsunami Aceh, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), bersama Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ziarah ke kuburan massal Siron, di Aceh, Senin (25/12).

"Di sini, 46.718 korban gempa dan tsunami dikebumikan massal. Bencana alam yang sampai saat ini menyisakan duka bagi kita semua. Alhamdulillah, kini Aceh bangkit. Doa kami untuk seluruh warga Aceh," kata AHY, dalam sambutannya, Senin (25/12).

Pada kesempatan yang sama, SBY mengingatkan semua pihak, bahwa tanah Aceh pernah mengalami tragedi besar. Karena itu, para pemimpin bangsa diminta memberikan yang terbaik untuk Aceh, agar ke depannya semakin adil dan sejahtera.

"Di tempat ini, dulu, saya bersama almarhumah istri tercinta, melihat jenazah para syuhada (korban tsunami Aceh). Setelah tsunami, saya bersama almarhumah ibu Ani juga sering mengunjungi Aceh, karena musibah ini sejarah yang tidak mungkin dilupakan," kata SBY.

Dia juga mengenang saat dirinya menjabat Presiden RI dan berkunjung ke Aceh setelah tsunami menerjang pada 2004.

"Saat tiba di Aceh, saya melihat banyak sekali jenazah tergeletak di mana-mana. Tempat ini mengingatkan saya kepada seluruh arwah yang berpulang dalam bencana dahsyat itu," tuturnya.

Menurutnya, musibah tsunami merupakan cobaan paling berat yang dihadapi masyarakat Aceh saat itu. "Semoga ke depan Aceh semakin maju, dan masyarakatnya semakin sejahtera," harap SBY.

AHY dan SBY tiba di lokasi mengenakan peci. Meski hujan, keduanya tetap semangat bersama warga yang ikut ziarah.

Setelah doa bersama, AHY dan SBY tabur bunga. Tampak hadir, Sekjen DPP Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya, dan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Aceh, Muslim.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA