Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DEBAT PILPRES 2024

Perluas Hilirisasi, Gibran Tak Mau Pembangunan Jawa Sentris Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 22 Desember 2023, 20:04 WIB
Perluas Hilirisasi, Gibran Tak Mau Pembangunan Jawa Sentris Lagi
Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka/Repro
rmol news logo Keberlanjutan hilirisasi kembali ditekankan Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dalam debat Cawapres 2024 bertema ekonomi, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan, Jumat (22/12).

Bahkan hilirisasi tidak hanya akan dilakukan di sektor tambang, melainkan sektor pertanian, perikanan, digital dan lainnya.

“Kita akan lanjutkan hilirisasi bukan tambang saja, tapi hilirisasi pertanian, perikanan, digital dan lainnya,” kata Gibran di lokasi debat yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta.

Pemerataan pembangunan juga disinggung Gibran. Dia mengharapkan agar pembangunan di Indonesia tidak lagi Jawa Sentris, melainkan merata ke seluruh daerah dengan menggenjot ekonomi kreatif hingga UMKM.

Dari segi UMKM, Gibran mengurai Indonesia memiliki 64 juta usaha. Jumlah ini bisa berkembang dan mampu meningkatkan PDB Indonesia sebesar 61 persen.

Jika program tersebut bisa dijalankan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan 19 juta lapangan pekerjaan akan tercipta di pemerintahan ke depan.

Insyaallah akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan. Pemerataan pembangunan itu wajib, sekarang investasi yang di luar Jawa ada 53 persen,” tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA