Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Agenda di Balik Kampanye Negatif Serang Gibran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ade-mulyana-1'>ADE MULYANA</a>
LAPORAN: ADE MULYANA
  • Jumat, 22 Desember 2023, 08:22 WIB
Agenda di Balik Kampanye Negatif Serang Gibran
Ketua Umum Komunitas Aktivis Milenial Indonesia (Gen-KAMI) Ilham Latupono (Ist)
rmol news logo Pilpres 2024 adalah pertarungan generasi. Terbukti arus opini yang dibentuk menjelang debat perdana cawapres digalang untuk mendiskreditkan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Umum Komunitas Aktivis Milenial Indonesia (Gen-KAMI) Ilham Latupono mensinyalir pembentukan arus opini dilakukan sekelompok elite politik tua yang anti-keberlanjutan program-program strategis nasional. Kampanye negatif disusun untuk tujuan melemahkan kepercayaan publik kepada Gibran hanya karena Wali Kota Surakarta itu masih berusia muda.

"Elite-elite tua berusaha men-downgrade Gibran karena ia satu-satunya representasi generasi milenial di panggung Pilpres 2024. Agenda besar di balik itu adalah menghambat keberlanjutan program-program strategis yang sedang dikerjakan Pak Jokowi," kata Ilham dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi di Jakarta, Jumat (22/12).

Gen-KAMI menyayangkan istilah-istilah negatif yang dikampanyekan buzzer di media sosial yang tujuannya merendahkan kapasitas Gibran. Misalnya tagar Bocil Grogi Debat yang dimasifkan lewat platform X beberapa waktu belakangan ini.

Kampanye negatif yang dilakukan secara terang-terangan itu, kata Ilham, menunjukkan kelompok tua tidak rela ada perwakilan langsung anak muda yang bertarung gagasan di arena debat Pilpres 2024.

"Seperti penyematan istilah Bocil (bocah kecil) kepada Gibran. Istilah ini mengesankan Pilpres adalah mainan orang tua, dan tidak pantas buat orang muda," kata Ilham Latupono.

Ilhan menegaskan bahwa Gen-KAMI berpihak pada upaya penguatan peran anak-anak muda khususnya generasi milenial dan generasi Z untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Di usia emas 100 tahun itu, Indonesia ditargetkan sudah menjadi negara maju dan telah sejajar dengan negara adidaya.  Karena itu sumber daya manusia Indonesia harus unggul, berkualitas, dan memiliki karakter.

"Upaya itu harus dimulai dari sekarang dan kami menganggap Pilpres 2024 adalah momentum untuk membuka peran lebih besar bagi kaum muda sebagai pemilik masa depan demi terwujudnya Indonesia Emas," tukas Ilham.

Gen-KAMI adalah komunitas yang diisi anak-anak muda kelahiran tahun 1980 ke atas atau yang disebut generasi milenial dan generasi Z.

Gen-KAMI tidak terafiliasi partai politik atau paslon manapun yang berlaga di Pilpres 2024. Keberpihakan Gen-KAMI murni pada penguatan kapasitas dan peran kelompok muda untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.rmol news logo article
EDITOR: ADE MULYANA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA